Minggu, 22 November 2009

DAMPAK KEHADIRAN INTERNET DALAM PERSPEKTIF SOSIAL

Tak dapat dipungkiri, kita tidak bisa lepas dari dunia internet. Internet sangat berperan dalam kehidupan manusia saat ini. Dengan adanya internet manusia menjadi lebih terbantu, apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

Menurut saya peranan internet dalam kehidupan dibagi menjadi dua, yaitu:

Untuk Sebuah Kemajuan

Kita semua tahu, ini adalah era informasi. Informasi terus bergulir seiring dengan detik waktu yang berjalan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan bumi lain dengan cepat. Informasi terus mengalir tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Ilmupun akan berkembang dengan pesat, dan tersebar keseluruh penjuru dunia. Internet merupakan sarana yang sangat vital bagi negara-negara maju.

Internet merupakan media yang sangat penting. Sumber bagi segala informasi yang sangat bermanfaat. Internet dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yaitu sebagai sarana promosi yang tepat untuk bisnis mereka, ia menjadi referensi dan patokan seseorang untuk mengambil keputusan, sehingga ia mengambil keputusan yang tepat. Di Amerika memakai internet saat hendak membeli mobil atau membuat keputusan finansial atau investasi penting.

Jelas sekali disini internet berperan sebagai media untuk kemajuan sebuah peradaban. Terkadang orang yang belum mengenal internet dicap sebagai orang yang tertinggal (ketinggalan zaman). Di era globalisasi ini seseorang dituntuk untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, jika seseorang tersebut tidak bisa mengikutinya maka ia akan tersisih dari kehidupan ini. Internet tidak hanya berperan sebagai media informasi, namun juga sebagai penghubung agar jalinan tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik antara kita dan teman kita, yang mungkin sekarang ia berada benua lain.

Manfaat Internet

Jika kita membahas tentang manfaat internet, tentu banyak sekali dan saya tidak bisa memberikan contohnya satu per satu.

Dengan hadirnya internet didalam suatu masyarakat akan berdampak pada majunya suatu masyarakat tersebut, meningkatkan produktivitas, kecerdasan, mutu pendidikan (yang akan dibahas pada sub bab internet untuk pendidikan). internet juga berperan penting dalam pemikiran manusia dewasa ini. Dengan internet manusia dapat membentuk, membuka, dan menyumbangkan pemikiran terhadap dunia ini.

Internet untuk Pengembangan Komunitas

Manusia selalu menghadapi masalah, terkadang ia tidak bisa menghadapinya sendiri, dan terkadangpula ia bisa menyelesaikanya sehingga ia mendapatkan pelajaran dari kehidupan ini.

Saat kita menghadapi masalah (biasanya tentang pekerjaan) kita memerlukan seseorang atau bahkan sekelompok orang untuk membantu kita. Karena itulah kita sangat perlu yang namanya bersosialisasi didunia maya sekalipun. Dengan adanya milis kita bisa bertanya kepada komunitas kita tentang masalah yang kita hadapi, dan seseorang yang mendapat pelajaran dari sebuah kehidupan akan berbagai dengan kita.

Milis (miling list) tidak hanya bersifat tanya-jawab mengenai pekerjaan, tetapi juga sarana diskusi tentang berbagai hal yang kita inginkan. Sebagai contoh saja, seorang ingin menjadi programmer ia ingin berdiskusi seputar dunia programmer,dapat bergabung dengan milis ilmukomputer-pograming@yahoogroups.com. Milis ini termasuk dalam kategori milis berdasarkan topik.

Selain berdasarkan topik milis juga bisa berdasarkan kelompok tertentu, yang tentunya anggotanya juga kelompok tertentu. Saya ambil contoh milis mahasiswa UPI, berarti yang menjadi anggota hanyalah mahasiswa UPI saja. (UPInet Training Center)

Ada komunitas lain selain milis, yaitu social networking. Banyak orang yang menganggap newsgroup (milis) terlalu serius untuk bergaul. Sebab sebetulnya newsgroup dirancang untuk berdiskusi tentang topik-topik tertentu. Padahal bergaul kadangkala tidak melulu urusan diskusi. Untuk social networking saya mengambil contoh Friendster. Siapa yang tidak kenal friendster? Semua orang tahu tentang friendster, dari mulai pelajar SMP hingga mahasiswa, dan bahkan para karyawan dan pebisnis pun menggunakanya.

Friendster merupakan fasilitas yang ada di dunia maya untuk bergaul. Didalam Friendster kita bergaul dengan berbagai karakteristik orang. Dalam Friendster kita juga bisa mencari teman berdasarkan tempat tinggal, berdasarkan pekerjaan atau yang lainya, mengirim pesan juga dapat dilakukannya, membuat komunitas sendiri, membuat blog, album foto dan bahkan berbisnis.

Inilah cara bersahabat didunia maya, kita bisa bersahabat dengan orang tanpa memandang suku, agama, golongan dan juga warna kulit. Bergaul dengan menjunjung tinggi toleransi dan rasa hormat, sesuatu yang sangat indah. Inilah digital life style!

Untuk Sebuah Kemunduran

Beberapa dampak negatif dari internet kadang tersembunyi, namun perlahan dan pasti dapat merusak moral dan mental seseorang. Jika internet juga mempunyai dampak negatif bagi orang dewasa, apalagi bagi anak – anak dan remaja. Beberapa situs web yang berisi materi pornografi dapat diakses siapapun dengan mudah. Itu yang menyebabkan pembentukan karakter negatif khususnya bagi anak. Selain itu, banyak sekali pemangsa seksual yang siap mencari mangsa mereka melalui jaringan pertemanan sosial di internet seperti MySpace, Facebook maupun Friendster. Setelah menemukan bangsa mereka, para penjahat internet ini akan mulai mencoba merayu dan menawarkan permainan yang berbau kekerasan dan lainnya. Internet juga bisa menyebabkan kecanduan bagi mahasiswa dan anak, sehingga mereka akan kurang bersosialisasi dengan orang terdekat karena sering bermain interne

Ada seorang pemuda yang rela duduk berjam-jam di warnet atau dirumahnya, hanya untuk melihat sesuatu yang belum atau memang tidak pantas dilihatnya (lebih tepatnya banyak bukan ada). Ini terjadi pada teman saya sendiri, walau tidak separah itu. Jika hal ini sudah terjadi pada seseorang, maka waktu yang tersisa untuk belajar sangat sedikit dan hal ini sangat menganggu waktu belajarnya, baik disekolah maupun dirumah. Karena disaat ia belajar, ia akan selalu teringat apa yang dilihatnya di internet. Dan biasanya akan berdampak negatif pada prestasi akademisnya.

Dengan kehadiran internet juga dapat merubah pola hidup manusia menjadi hidup individual dalam lingkungan sekitarnya karena mereka lebih memilih hidup di dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata.

Pengembangan Aplikasi Internet

Selain untuk pendidikan dan sarana bersosialisasi yaitu komunitas, internet juga dijadikan sebagai arena berbisnis, atau yang lebih dikenal banyak orang dengan bisnis online. Selain berbisnis ada lagi beberapa kegunaan internet antara lain untuk belanja, membayar tagihan dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita tidak bisa lepas dari internet. Dalam bertransaksi misalnya, dewasa ini bertransaksi dengan bank lebih banyak dilakukan lewat teknologi dan informasi (internet). Karena dengan begitu mudahnya seseorang dapat mentransfer uang mereka dari rumah tanpa harus ke bank yang bersangkutan. Masih dalam internet banking, internet banking menyediakan kemudahan bagi kita, kita dapat membayar pajak, listrik, uang kuliah, bahkan melakukan investasi.

Dalam kehidupan ini internet merupakan media yang sangat penting bagi keberlangsungan hdup manusia. Mengapa hal ini saya ulang terus-menerus, karena ini sangat penting. Bayangkan jika kita hidup tanpa adanya internet, sepertinya kehidupan ini akan sangat kacau. Jangankan tidak ada internet untuk selamanya, beberapa hari saja jaringan internet terganggu kita sangat kelabakan. Seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu, saat terjadi gempa di Taiwan dan mengganggu koneksi internet di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar